Membuat halaman daftar isi terkadang sangat sulit dilakukan manual apabila jumlah halaman yang kita buat lebih dari ratusan halaman,,wah sungguh merepotkan!
Namun ternyata lebih mudah apabila kita menggunakan fasilitas yang sudah ada pada Ms.Word [klo ga salah siy setiap Ms.Office ada dech fasilitas ini].
Sebenernya sederhana banget cara yang digunakan, kira2x seperti ini:
Buka file document yang kita akan buat daftar isinya [jika belum dibuat, silahkan dibuat terlebih dahulu]
Blok setiap kata yang nanti akan dimasukkan kedalam daftar isi [biasanya judul bab, tema, atau lain sebagainya]
Pada menu pilihlah Format -> Style and Formatting
Sekarang kita akan menggunakan Style and Formatting terutama untuk penggunaan heading! Pada bagian yang sudah kita blok tadi berikanlah format Heading 1 dan tulisan yang kita blog akan berubah menjadi lebih besar [jika dianggap ukuran tulisan terlalu besar silahkan diatur ukuran tulisan tsb]
Sediakan halaman kosong pada halaman awal,,jika blm ada bisa ditambahkan terlebih dahulu dengan menekan tombol dikeyboard Alt+Enter (page break)
Pada bagian menu, pilihlah Insert -> Refrence -> Index and Tables
Setelah muncul kotak dialog Index and Tables,,klik pada tab Tables of Contents
Selanjutnya biarkan saja settingan yang ada, kecuali pada bagian tab leader silahkan dirubah sesuai dengan keinginan kita
Jika sudah,,selanjutnya klik tombol OK
Hasilnya kira2x seperti ini!
Tambahan:
Untuk penggunaan sub bab, saya menggunakan Header 2 , agar tulisan didaftar isi jadi lebih menjorok kedalam
Untuk penggunaan sub-sub bab, saya menggunakan Header 3.
Selamat Mencoba
Tidak ada komentar:
Posting Komentar